Memilih GPT atau MBR Pada Hardisk

 E-LEARNING

shinatria.com — Memilih GPT atau MBR pada hardisk. Mengapa masalah ini bisa timbul, biasanya saat kamu ingin memformat sebuah hardisk atau flashdisk pada system operasi windows. tanpa menggunakan software pihak ketiga seperti mini partition.

Memilih GPT atau MBR pada hardisk

GPT secara harfiah diartikan GUID Partition Table adalah standar tata letak tabel partisi pada hardisk menggunakan pengidentifikasi unik global (GUID). Meskipun merupakan bagian luar dari standar UEFI atau United Extensible Firmware Interface.

MBR adalah Master Boot Record, MBR merupakan salah satu cara pengalokasian berkas-berkas pada hardisk yang sangat populer dan paling umum digunakan. Pengalokasian disk dengan MBR digunakan pada platform intel x86 atau yang biasa disebut dengan windows 32 bit.

Pilih GPT atau MBR

GPT adalah sebuah standar baru dari sistem partisi pada hardisk yang pada akhirnya akan mengantikan MBR. GPT digunakan untuk BIOS yang sudah menggunakan sistem UEFI. Sementara MBR digunakan pada BIOS dengan model lama.

Sistem MBR memiliki beberapa keterbatasan dalam melakukan sebuah partisi pada hardisk. MBR hanya mampu membuat 4 partisi pada sebuah hardisk. Penggunaan data pada MBR hanya bisa menampung data disk sampai 2 TB saja.

Mungkin dari penjelasan singkat ini kamu bisa menentukan mana yang cocok. Saat memilih partisi pada sebuah hardisk yang ingin kamu gunakan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.