Tips mengamankan Browser Safari

 TEKNO

Tips mengamankan Browser Safari

Tips mengamankan Browser Safari

Tips mengamankan Browser Safari

Bila anda salah satu pengguna browser safari besutan apple. akan merasakan sama seperti pengguna mozilla firefox, karena kedua browser ini memiliki banyak fitur pendukung yang dapat anda optimalkan saat menjelajahi dunia maya atau internet. browser safari ini bukan hanya dapat digunakan bagi pengguna macbook dari apple namun bagi ada yang menggunakan windows bisa juga menggunakan browser ini sebagai alat penjelajah internet.

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengamankan browser yang anda gunakan saat berselancar di internet, harap diperhatikan penempatan tombol atau menu bisa saja sudah terjadi perubahan sesuai dengan browser safari yang anda gunakan saat ini. Hal yang pertama dapat anda lakukan adalah men select option “Block Pop Up Windows” langkah ini berguna untuk menjaga sebuah situs untuk membuka windows baru atau pop up melalui script atau content aktif yang dapat memunculkan hal yang tidak anda inginkan seperti iklan maupun konten pornografi.

Berikutnya adalah mengamankan folder download default atau bawaan dari browser, Sebaiknya anda pilih folder yang tidak berada dalam sistem namun bisa anda pilih folder yang berada dalam hardisk folder komputer anda yang memang hanya menyimpan data file saja. Selanjutnya adalah non aktifkan pilihan “Open safe files after download” ini membuat setiap kali download yang anda lakukan melalui browser tidak akan terbuka apabila file yang di download telah selesai.

Menuju tips berikutnya adalah menon aktifkan fitur “autofill” pada browser safari. fitur ini berguna untuk menyimpan password yang biasa anda gunakan dan data form yang biasa anda lakukan saat browsing. Sebaiknya fitur ini di non aktifkan saja, karena anda tidak tahu kapan penyusup masuk kedalam komputer anda dan mencuri data yang telah tersimpan pada browser, belum lagi data yang tersimpan itu adalah sebuah password yang sifatnya sangat rahasia dan pribadi.

Masuk kedalam fitur security atau keamanan browser, pada fitur ini sebaiknya anda non aktifkan web content yang berkaitan dengan enable plugins, enable java, enable javascript. memang banyak website yang membutuhkan fitur javascript untuk menjalankan beberapa kode program yang ada di websitenya. Pilih lah sesuai dengan kebutuhan anda, Pilihan Accept cookies baiknya anda menselect pilihan “Only from sites you navigate to”, sehingga tidak semua website dapat menyimpan cookies pada browser anda.

Tips terakhir adalah centang atau pilih “Ask before sending a non-secure form to a secure website”. Ini lah beberapa tips yang dapat anda terapkan pada browser safari. selamat ber internet dengan aman.

 

[CT/HR]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.