Menjadwalkan Komputer Untuk Hidup dan Mati Secara Otomatis

 TEKNO

Menjadwalkan Komputer Untuk Hidup dan Mati Secara Otomatis

Menjadwalkan Komputer Untuk Hidup dan Mati Secara Otomatis

Menjadwalkan Komputer Untuk Hidup dan Mati Secara Otomatis

Shinatria.Com — Memaksimalkan penggunaan komputer menjadi sebuah efisiensi yang dapat menekan cost / biaya, bisa jadi lebih hemat dan makin pintar dalam mengelola keuangan. Untuk itu mari kita membahas tentang menjadwalkan komputer untuk hidup dan mati secara otomatis. Sebenarnya semua yang kita butuhkan dalam melakukan trik dan tweak di windows sudah disediakan dengan lengkap oleh windows, yang membedakannya adalah dari unsur penggunanya saja, mana yang akan dipilih dalam melakukan tweak/trik pada windowsnya apakah ingin menggunakan software buatan pihak ketiga atau mencobanya sendiri yang pasti membutuhkan sedikit ekstra waktu dalam mengerjakannya.

Dalam menjadwalkan penggunaan komputer, membuat kita sebagai pengguna, makin pintar dalam mengelola waktu, jangan ada waktu yang terbuang secara sia-sia tanpa menghasilkan suatu karya yang dapat bermanfaat untuk orang lain. Menjadwalkan komputer untuk hidup dan mati, sangat banyak manfaat yang kita peroleh, bukan hanya dari biaya cost penggunaan listrik, namun dapat memperpanjang umur dari komputer dan alat-alat pendukungnya. Terkadang kita lupa karena sudah lelahnya bekerja di depan komputer, sampai lupa mematikannya dan sangat tidak baik jika kejadian ini terus terulang.

SmartPower Untuk Menjadwalkan Mati dan Hidup Komputer

Untungnya ada solusi yang kita temui dalam mengalami masalah ini, yaitu menggunakan software yang bernama SmartPower. Sesuai dengan namanya smartpower, software ini memang sangat cerdas dan banyak manfaatnya bagi kita. ya dibandingkan kita harus mengoprek power option yang tersedia di windows, dengan adanya software ini kita jadi lebih mudah dan cepat dalam menentukan waktu yang tepat untuk mematikan dan menghidupkan komputer. Pastinya akan sangat menghemat energi kita untuk melakukan aktifitas shutdown dan turn on komputer kita.

Bila anda sudah menginstallnya bisa langsung di praktekkan untuk mencobanya, lengkapi semua yang harus dimiliki oleh komputer kita untuk mendukung software smartpower, biasanya yang sering terjadi adalah kita harus menginstall NET Framework 3.5 pada komputer windows kita, akan tetapi bila anda sudah ada tidak harus menginstallnya lagi, pokoknya jika muncul pemberitahuan untuk menginstall sesuatu software, maka itu harus dilakukan karena jika tidak dapat dipastikan SmartPower tidak dapat berjalan dengan sempurna.

Penggunaannya cukup mudah tinggal anda tentukan rule atau aturan yang sesuai dengan kebutuhan, mari kita lihat menu yang tersedia pada smartpower satu persatu di bawah ini :

  • Schedule : Pada pilihan ini kita membuat jadwal untuk mematikan dan menghidupkan komputer, kapan waktunya komputer itu hidup dan mati sesuai dengan waktu yang telah kita seting.
  • Users : adalah pilihan dimana komputer akan tetap aktif jika ada penggunanya, kita bisa seting berapa menit komputer akan mati setelah tidak ada aktifitas.
  • Device : menu ini menunjukkan berapa device/komputer yang terhubung dengan komputer kamu atau komputer jaringan, sehingga dapat diseting komputer akan tetap menyala apabila komputer yang lainnya menyala dan juga sebaliknya.
  • Networks : disini kita dapat membatasi jaringan komputer yang ada, sehingga akan tetap menyala saat trafik masih di atas angka yang kita set.
  • CPU : penggunaan cpu bisa kita set, sehingga komputer akan tetap menyala jika masih diatas ambang batas yang sebelumnya sudah kita set.

Kurang lebihnya bisa anda coba dan pelajari sendiri, karena ini hanya gambaran menu yang akan biasa kita gunakan saat menggunakan software smartpower, jadi bila anda sudah menggunakan smartpower sudah tidak menjadi masalah lagi apabila komputer harus anda tinggal tidur ataupun keperluan yang sifatnya mendadak, karena semua sudah diambil alih dengan aman oleh adanya smartpower, selamat mencoba.

 

 

[CT/HR]

Related Posts

Leave a Reply

*