Cara Memperbaiki Smartphone Android Mati Total

 TEKNO

Cara Memperbaiki Smartphone Android Mati Total

Cara Memperbaiki Smartphone Android Mati Total

Cara Memperbaiki Smartphone Android Mati Total

Pengguna smartphone android saat ini sangat banyak, android layaknya seperti robot yang dapat membantu semua kebutuhan penggunanya, dengan banyaknya aplikasi yang dapat kita gunakan secara gratis maupun berbayar, namun tidak bisa dipungkiri dalam setiap operating system pada sebuah smartphone android akan ada saja virus atau blood ware yang bisa menghinggapi dan merusak sistem android kita, inilah salah satu penyebab terjadinya permasalahan pada smartphone android.

Kerusakan pada android bisa di kategorikan menjadi dua buah jenis yaitu hardbrick dan softbrick. Bila anda temui kerusakan pada smartphone android anda, maka jangan terburu-buru memeriksakannya ke tempat service, ada baiknya anda ketahui dahulu kerusakan jenis apa yang terjadi pada smartphone anda, bila sudah anda ketahui barulah ambil keputusan untuk memperbaiki baik anda lakukan sendiri maupun meneruskannya ke tempat service.

Jenis Kerusakan Smartphone 

Kerusakan Hardbrick adalah dimana samrtphone anda dalam keadaan mati total, tidak ada tanda-tanda yang memperlihatkan smartphone anda hidup, baik itu dari sinyal lampunya ataupun dari getarannya sudah tidak berfungsi sama sekali, bila anda temui kerusakan seperti ini maka hal yang bisa anda lakukan adalah membawanya ke tempat service yang sesuai dengan nama vendor pembuat dari smartphone anda untuk mendapatkan hasil yang pas dan meyakinkan.

Softbrick adalah jenis kerusakan yang terjadi pada system android seperti crash, error ataupun disebabkan oleh virus dan bloodware. Pada permasalahan softbrick ini anda masih dapat menemui tanda seperti layar masih dapat menyala namun hanya logo andorid yang muncul, smartphone masih bisa bergetar dan lampu lednya menyala, untuk masalah ini penanganannya masih terbilang mudah atau anda dapat perbaiki sendiri, dengan menyediakan semua perangkat yang dibutuhkan untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Smartphone Android

Prinsip yang harus anda ketahui adalah setiap smartphone memiliki perbedaannya masing-masing, sehingga ini hanya jawaban secara garis besar yang akan anda temui dan yang dapat anda lakukan apabila mengalaminya.

  • Pertama ketika smartphone masih bisa hidup dan booting, namun terhenti sampai di booting saja, yang dapat anda lakukan adalah masuk ke Recovery Mode dan wipe data dan cache kemudian reboot android anda.
  • Sampai langkah ini bila masih belum juga sukses, anda harus menginstall ulang sistem android dengan rom custom atau rom yang lebih stabil
  • Apabila smartphone tidak bisa menyala namun lampu led masih menyala, maka anda bisa melakukan flashing sistem android melalui perangkat PC / personal computer tanpa melepas batere smartphone.
  • Untuk smartphone hardbrick atau smartphone yang mati total, sebelum membawanya ke tempat service, anda bisa mencobanya untuk flashing melalui PC namun dengan keadaan baterenya di copot.
  • Terakhir bila smartphone sudah tidak bisa dihidupkan dan anda sudah melakukan semua langkah perbaikan seperti diatas, maka sebaiknya bawa smartphone anda ke service center yang sesuai dengan smartphone anda.

Semua kerusakan softbrick dan hardbrick pada smartphone android adalah berbanding dengan penggunaan yang anda lakukan sehari-hari, bila anda menggunakannya dengan baik dan tidak secara terus menerus memaksa smartphone anda untuk bekerja atau berproses. maka umur dari smartphone akan menjadi lebih panjang dan tahan lama terutama dalam masalah batere dan juga penggunaan aplikasi pihak ketiga yang bisa saja mengandung virus atau bloodware, pilihlah aplikasi sesuai dengan yang anda butuhkan saja.

 

[CT/ZX]

Related Posts

Leave a Reply

*