Cara Baru Untuk Lebih Hemat Data, Ujicoba YouTube dengan Codec AV1

 TEKNO

Shinatria.com — Cara baru untuk lebih hemat data, ujicoba YouTube dengan codec AV1. Menonton video di YouTube memang sudah menjadi kebiasaan semua orang saat ini. Memang sekarang lah zamannya era digital merajai. Semua orang menonton YouTube dari yang hanya mencari video lucu sampai mencari jalan hidup yang lebih lurus dengan video ceramah agama.

Dalam kondisi sehari-hari tidak semua orang memiliki kuota data yang sama satu sama lain, bagaikan segitiga Piramida, lebih banyak jumlahnya yang memiliki kuota paket datanya sedikit, sehingga tidak bisa menonton video dengan kualitas yang baik guna menghemat paket data yang dimiliki nya.

AV1 Codec Lebih Hemat Data

Koneksi yang cepat memang sangat memungkinkan dapat memutar video dengan kualitas yang paling tinggi. Sayangnya di negara kita biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan nya tidak bisa dijangkau oleh semua orang. Apalagi buat kamu yang menggunakan fasilitas gratis internet nya. Harus sabar dan sadar ketika banyak orang yang menggunakan nya.

Google sebagai pemilik dari video streaming youtube menyadari tentang hal ini, Dukungan yang bisa google berikan adalah dengan memberikan dukungan AV1 code sebagai penganti dari H264 code yang digunakan saat ini. Semua dilakukan guna memberikan kecepatan internet yang dari tahun ke tahun makin bertambah tingkat kecepatannya dan penggunanya.

Mengenal singkat apa itu AV1 code, yaitu sebuah code yang di bangun oleh open media (AOMedia). Gabungan dari berbagai macam perusahaan di bidang teknologi termasuk juga google di dalamnya. Generasi pertama dari AV1 code adalah dukungan video untuk resolusi sampai 4K. Jika kita menggunakan code AV1 ini maka kita akan mendapatkan kecepatan streaming yang lebih cepat dikarenakan size filenya sudah di kompres sedemikian rupa guna menghasilkan file yang lebih kecil.

Bagusnya lagi AV1 code ini adalah bisa digidigun secara bebas di layanan komersial, dapat digunakan secara bebas tanpa harus membayar biaya royaltinya. Belum lagi AoMedia meyakini dengan digunakan AV1 maka bisa menghasilkan ukuran file 30 % lebih kecil jika dibandingkan dengan file code video HEVC, ditambah biaya royaltinya jika mau digunakan pada layanan komersil. Penggunaan AV1 code akan memberikan biaya yang lebih murah untuk streaming video, YouTube sudah melakukan ujicoba streaming Beta untuk video streaming dukungan AV1 code.

Buat kamu yang ingin mencobanya bisa melakukan penyesuaian pada browser yang kamu gunakan seperti chrome atau Firefox, dengan mengaktifkan pilihan video AV1 code pada browser yang kamu gunakan, pastikan kamu menggunakan browser versi paling terbaru. Selamat mencoba dan menggunakan streaming video dengan AV1 code yang akan menghasilkan kecepatan yang lebih optimal saat menonton streaming video.

 

[CL/KA]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.