Sejarah Seputar Batik Nusantara Indonesia

 LIFE STYLE

Sejarah Seputar Batik Nusantara Indonesia

Sejarah Seputar Batik Nusantara Indonesia

Sejarah Seputar Batik Nusantara Indonesia

Sebelum mengulas sejarah tentang batik di indonesia, batik di kalangan masyarakat indonesia dikenal dengan sebuah kain yang bergambar atau motif yang proses pengerjaannya dilakukan secara khusus dengan menuliskan pada kain yang sudah dipersiapkan. Selanjutnya bermacam pengolahannya dilakukan sesuai dengan ciri khas dari suatu daerah di Indonesia. Setelah sekian lama barulah Unesco (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tanggal 2 Oktober 2009 menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan NonBendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Asal Usul Kata

Masyarakat Indonesia mengenal batik sebagai baju pada acara resmi atau formal seperti pakaian pesta, baju dinas sampai seragam para pelajar. kata batik itu sendiri secara etimology atau asal usul kata berasal dari bahasa jawa “amba” yang memiliki arti kata “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik” sehingga batik adalah pengabungan dari dua suku kata tersebut.

Sejarah Teknik Batik

Berbicara mengenaii sejarah dari teknik batik itu sendiri, Seperti pewarnaan pada batik sudah ada sejak zaman abad ke 4 sebelum masehi, namun di indonesia batik diperkirakan sudah ada sejak zaman majapahit dikenal dengan batik tulis, menjadi populer penggunaan batik ini hingga abad ke XIX. Baru setelah perang dunia ke 1 batik menemukan cara baru yaitu dengan jenis batik cap hingga saat ini.

Macam-macam Teknik Pembuatan Batik

Ada beberapa macam dari teknik pembuatan batik di indonesia, yaitu teknik canting tulis, teknik celup ikat, teknik colet, dan teknik printing dan cap. Dari segi kecepatan pembuatannya pembuatan batik dengan teknik printing bisa dikatakan yang tercepat karena hanya membutuhkan waktu dalam hitungan menit saja batik yang akan dibuat sudah jadi. Dalam hal ketelitian yang sangat tinggi dan menghasilkan batik dengan harga yang sangat tinggi maka teknik canting tulis adalah teknik yang digunakan, karena memerlukan ketelitian yang sangat tinggi dan keuletan dari seniman batik.

Dalam artikel ini masih terdapat kekurangan dari sisi yang belum dapat ditemukan dari sejarah batik di indonesia, sehingga artikel ini akan terus mengalami perubahan sampai dapat memberikan informasi yang berguna untuk para pengunjung dan pembaca di situs shinatria.com, terima kasih sudah berkunjung.

 

[CL/ZK]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.