Hukum Membunuh Tikus Dalam Agama Islam

 KAJIAN

Hukum Membunuh Tikus Dalam Agama Islam

Hukum Membunuh Tikus Dalam Agama Islam

Hukum Membunuh Tikus Dalam Agama Islam

Tikus adalah hewan mamalia yang dapat kita temui di setiap negara, jumlah dari hewan ini tergolong banyak, dalam masyarakat perkotaan kita mengenalnya dengan sebutan tikus got, atau tikus yang hidup di saluran air perumahan. Kembali pada topik bahasan bagaimana hukum membunuh tikus dalam agama islam, apakah dibolehkan atau tidak dibolehkan. Mengapa ini menjadi sebuah topik, karena di masyarakat saat ini tikus salah satu hewan yang tidak disukai keberadaannya karena dapat merusak dan menimbulkan penyakit bila tikus berada dalam rumah kita.

Membunuh tikus hampir menjadi sebuah aktifitas yang hampir semua keluarga melakukannya, caranya sangat banyak, dari mulai membunuhnya dengan racun tikus, lem tikus, sampai menangkapnya dengan perangkap tikus lalu menenggelamkan tikus hingga mati, sampai yang paling ekstrim adalah membunuh tikus menggunakan senapan angin. Untuk itu agar tidak menjadi sebuah pertanyaan apakah hukum membunuh tikus dalam islam dibolehkan agar tidak terjadi keraguan apabila kita menemukan tikus tinggal dirumah kita dan kita ingin membunuh tikus tersebut.

Bolehnya Membunuh Tikus 

Dalam agama islam dibolehkan untuk membunuh tikus, karena tikus adalah hewan yang merusak dan dapat menimbulkan penyakit pada manusia dan sekitarnya, Tikus termasuk kedalam hewan yang diperbolehkan untuk dibunuh, merujuk dalam hadist yang diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

خَمْسُ فَوَاسِق يُقْتَلْنَ فِي الْحِل وَالْحَرَمِ : الْحَيَّةُ وَالْغُرَابُ الأْبْقَعُ وَالْفَأْرَةُ وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ وَالْحُدَيَّا

” Lima binatang jahat yang boleh dibunuh, baik di tanah halal atau tanah haram, ular, burung gagak, tikus, anjing hitam dan burung buas “. (HR. Muslim)

Dalam hadist yang lainnya yang masih berkaitan dengan hukum membunuh tikus seperti dibawah ini.

” Lima binatang jahat yang boleh dibunuh di tanah haram. tikus, kalajengking, burung buas, gagak dan anjing hitam “. (HR. Bukhari & Muslim).

Bila melihat hadist ini maka kita dibolehkan untuk membunuh tikus, namun dalam membunuhnya kita tidak boleh menyiksanya, jadi walaupun membunuh kita harus tetap memperhatikan adab yang baik dalam membunuh hewan, seperti memukul, menembak atau yang lainnya, yang dapat membunuh tikus, imati dengan cepat, tanpa melakukan proses penyiksaan terlebih dahulu, seperti membakarnya, atau memotong bagian tubuhnya hingga mati.

 

[CK/HR]

 

Related Posts

Leave a Reply

*