Filosofi Berdagang Penuh Berkah Dunia Akhirat

 KAJIAN

Shinatria.Com — Filosofi berdagang penuh berkah dunia akhirat, Menjadi pedagang adalah sebuah sunah karena nabi kita Muhammad SAW adalah seorang pedagang, sebaik-baiknya manusia di dunia adalah Nabi Muhammad SAW, Beliau adalah suri teladan terbaik baik itu dalam urusan ibadah sampai urusan jual beli dan bagaimana menjalin hubungan dengan sesama. Bagaimana dalam dunia perdagangan apa saja yang bisa kita ambil dan terapkan seperti yang sudah Nabi Muhammad Ajarkan.

Filosofi Berdagang Rasulullah

Dalam perdagangan Rasulullah tidak pernah membuat orang rugi dalam jual dan beli, Beliau selalu jujur kepada setiap pembelinya, menjelaskan semua dengan jelas mengenai barang dagangannya baik itu yang bagus maupun yang ada cacatnya, beliau tidak pernah memperdaya orang lain ataupun berdebat dengan pelanggannya.

Keteladaan Rasulullah ini bisa dilihat pada hadist berikut ini ” As – Saib bin abdurrahman kagum dan langsung memuji beliau. Engkau pernah menjadi temanku di zaman jahiliyah dan engkau menjadi teman yang paling baik, engkau tidak pernah memperdayaku dan tidak pula mendebatku  ” (HR. Ibnu Majah)

Nabi dalam berdagang selalu memudahkan orang lain, nabi tidak pernah mengambil untung yang terlalu besar, inilah yang menyebabkan banyak orang yang suka bertransaksi jual beli dengan Rasulullah. karena selalu memudahkan orang lain Nabi Muhammad selalu menasehati para sahabat untuk tidak mempersulit orang lain, kalau perlu meringankan beban orang tersebut. seperti terlihat pada hadist berikut ini ” Allah merahmati orang yang menjual, ketika membeli dan ketika meminta haknya (dalam jual beli) ” (HR. Bukhari).

Hutang Piutang

Dalam hutang piutang nabi selalu memudahkan orang yang berhutang dan kesulitan untuk membayarnya dengan cara memberikan tempo sampai yang bersangkutan diberi kemampuan oleh Allah untuk melunasinya, seperti terlihat pada hadist berikut ini ” Nabi Muhammad SAW berkata kepada para pembantunya, Berilah ia tempo hingga mendapat kemudahan semoga Allah memudahkan urusan kita, maka Allah akan memudahkan urusannya di akhirat “, (HR. Bukhari).

Semoga kita bisa mengambil contoh dari Rasulullah dalam berdagang, terima kasih sudah membaca artikel Filosofi Berdagang Penuh Berkah Dunia Akhirat, kirimkan komentar anda pada kolom komentar ya.

 

[CK/MY]

Related Posts

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.