Benarkah Anjuran Berhubungan Suami Istri Pada Malam Jumat

 KAJIAN

Benarkah Anjuran Berhubungan Suami Istri Pada Malam Jumat

Benarkah Anjuran Berhubungan Suami Istri Pada Malam Jumat

Benarkah Anjuran Berhubungan Suami Istri Pada Malam Jumat

Shinatria.Com — Ayo pernahkah anda dapatkan pesan dari whatsapp, yang isinya menjelaskan sunah atau anjuran berhubungan badan antara suami istri pada malam jumat, ini menjadi sebuah pertanyaan tersendiri. Apakah benar atau salah atau masih diperselisihkan, benarkah anjuran berhubungan suami istri pada malam jumat. Perihal ini sudah mulai merebak dikalangan masyarakat pengguna media sosial, inilah yang harus ditelusuri dan di cari keabsahan ilmunya, agar hidup kita semakin benar dalam mengikuti alquran dan sunah.

Baca Juga : Faedah dzikir yang harus kita ketahui

Melihat Hadist dari Aus, Ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ” Barangsiapa yang mandi pada hari jumat dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun. ” (HR. Tirmidzi No. 496).

Berhubungan Badan Suami Istri Pada Malam Jumat

Melihat dari makna hadist di atas ulama menafsirkan bahwa, hubungan badan antara suami dengan istrinya, dilakukannya pada pagi hari di hari jumat, berbeda bukan berhubungan badan antara suami istri yang dilakukan pada malam jumat. Inilah yang sudah banyak tersebar di masyarakat kita, sedangkan para ulama tidak memberikan pemahaman bahwa anjuran untuk melakukan hubungan badan antara suami istri pada malam jumat.

Dengan inilah sah saja, jika mandi jumat digabung dengan sekalian mandi junub, mandi setelah melakukan hubungan badan antara suami istri, adapun untuk menguatkan pernyataan ini bisa dilihat pada (Al-Majmu’ 1:326) Imam Nawawi Rahimahullah menjelaskan ” Jika seseorang meniatkan mandi junub dan mandi jumat sekaligus, maka maksud tersebut di bolehkan. ”

Baca Juga : Nama setan dan tugasnya dalam menggoda manusia

Benarkah anjuran berhubungan suami istri pada malam jumat, seperti yang sudah banyak tersebar di masyarakat kita menjadi kurang tepat karena, bukan dilakukan pada malam jumat, akan tetapi dilakukannya hubungan badan antara suami dan istri pada pagi hari jumat, semoga dapat memberikan sedikit pencerahan ilmu agama yang bermanfaat untuk kita semua, Wallahu a’lam bishawab.

 

[CK/ZA]

Related Posts

Leave a Reply

*