Cara Memperbaiki Ink Cartridges Cannot be Recognized

 E-LEARNING

Cara Memperbaiki Ink Cartridges Cannot be Recognized

Cara Memperbaiki Ink Cartridges Cannot be Recognized

Cara Memperbaiki Ink Cartridges Cannot be Recognized

Problem pada printer salah satunya adalah ink catridge cannot be recognized atau tinta catridge tidak dapat dikenali, binggung dan putus asa bagaimana cara memperbaiki ink catridge cannot be recognized, mungkin artikel ini bisa menjadi salah satu solusi yang bisa anda coba dan terapkan, sebelum melakukan langkah terakhir perbaikan dengan cara membawanya ke tempat service printer yang sudah pasti akan mengeluarkan biaya untuk perbaikannya.

Bukan anti ke tempat service printer, cuma jika ternyata masalahnya bisa diperbaiki sendiri, pasti menjadi lebih menyenangkan, masalah yang dapat timbul pada pesan error di printer bermacam-macam, salah satunya adalah ink cartridges cannot be recognized, jika muncul pesan error ini maka akan membuat dahi kita berkerut, kenapa bisa terjadi ya padahal tinta masih dalam keadaan terisi walaupun tidak dalam kondisi full, apa catridge yang kita miliki sudah memasuki akhir masa pakai, dan kita harus menggantinya dengan catridge baru, yang akan berhubungan dengan masalah ekonomis. bagaimana cara memperbaiki ink catridge cannot be recognized.

Langkah-langkah untuk memperbaikinya

  • Coba anda buka cover printer yang sedang mengalami kerusakan
  • Biasanya peyebabnya adalah catridge bermasalah, untuk itu lepaskan atau cabut catridge tersebut.
  • Periksa apakah ada kerusakan dari sisi fisiknya, jika tidak coba lakukan pembersihan pada catridge tersebut, seperti menguras tinta atau hanya sekedar membersihkannya dengan tisu.
  • Selanjutnya tutup kembali cover printer dan matikan printer. Jangan lupa cabut juga kabel power, hingga kurang lebih memakan waktu 5 menit.
  • Bila sudah coba hidupkan kembali printer, dilanjutkan dengan buka tutup cover printer.
  • Kembalikan catridge yang dicabut ke tempatnya semula. Jangan lupa dilanjutkan dengan matikan printer dan cabut kabel powernya.
  • Selesai, coba lakukan pengetesan print dokumen, bila tidak muncul pesan error, artinya printer sudah kembali normal dan siap untuk digunakan kembali.

Bila masih terjadi kendala pada printer

Setiap kondisi printer berbeda-beda, sehingga jika cara di atas masih belum berhasil, anda bisa melakukan tips selanjutnya, seperti yang tertera di bawah ini.

  • Hidupkan kembali printer yang rusak.
  • Coba ganti catridge dengan yang baru atau yang tidak rusak, untuk mengetes apakah pesan error bisa hilang, ketika diganti dengan catridge yang baru atau yang dalam kondisi baik.
  • Biasanya sampai disini sudah selesai, pesan error akan hilang. Namun bila tidak sesuai, maka anda bisa mencoba hidupkan kembali printer, kemudian buka cover printernya.
  • Coba masukkan kembali catridge tersebut, posisi printer masih dalam keadaan on atau hidup.
  • Lalu matikan printer dan cabut kabel powernya.
  • Tunggu hingga kurang lebih 5 menitan, selanjutnya coba hidupkan kembali printer dan lakukan pengetesan print dokumen.
  • Bia hasilnya bekerja dengan baik dan sesuai, maka catridge sudah kembali normal.

Permasalah printer berbeda-beda tiap orang dan kondisi saat terjadi kerusakan tersebut. Semua biasanya terjadi karena disebabkan oleh human error atau karena kesalahan si penggunanya. Pada permasalahan kerusakan catridge walaupun sudah diupayakan bagaimana cara memperbaiki ink cartridges cannot be recognized. Bisa dipastikan bahwa anda harus membeli catridge yang baru karena sudah dapat dipastikan bahwa catridge yang lama sudah mengalami kerusakan. Agar tidak terjadi permasalahan seperti ini ada baiknya anda rutin untuk merawat kesatuan perangkat dan printer, Dengan cara maintenance pada printer atau lakukan print sebuah dokumen untuk menjaga printer terus melakukan pekerjaannya. Selamat mencoba 🙂

 

[CE/KA]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.