Mengenal Arti Dari AM dan PM Pada Perhitungan Waktu

 BLOG

Mengenal Arti Dari AM dan PM Pada Perhitungan Waktu

Arti AM dan PM Pada Jam

Arti AM dan PM Pada Jam

Shinatria.Com — Tentu anda sudah hafal dong apa yang dimaksud pada judul diatas..? Betul…, istilah tersebut biasa terdapat pada jam. Mengenal Arti Dari AM dan PM Pada Perhitungan Waktu, merupakan format waktu yang biasa digunakan di Eropa ataupun Amerika untuk membedakan antara siang dan malam, Pada akhirnya am dan pm ini banyak kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti jam yang tertera pada komputer, waktu pada perangkat smartphone dan sampai waktu yang tertera di restoran yang ada di indonesia sebagian ada yang menggunakan am dan pm pada penulisan waktunya.

Arti AM dan PM

AM PM sendiri adalah format waktu yang digunakan untuk membedakan siang dan malam dalam satu hari. Sebagaimana diketahui bahwa hitungan jam konvensional adalah hanya sampai angka 12, sedangkan dalam satu hari terdapat 24 jam. Nah untuk membedakannya dibagi menjadi dua periode yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam. AM PM sendiri diambil dari istilah latin yaitu Ante Meridiem untuk AM yang artinya sebelum tengah hari dan Post Meridiem untuk PM yang artinya setelah tengah hari (Wikipedia).

Baca Juga : Mau Jadi Publisher Google Adsense Ikutin Langkah ini

Patokan waktu penamaan AM PM adalah jam 12 siang atau ” Tengah Hari “. Periode AM adalah dari jam 12.00 malam s/d 11.59 Siang atau sebelum tengah hari, sedangkan periode PM adalah dari jam 12.00 siang s/d 11.59 malam atau setelah tengah hari. Mengenal Arti Dari AM dan PM Pada Perhitungan Waktu, Tapi, bagi orang Indonesia format waktu ini jarang digunakan karena sedikit membingungkan, Orang Indonesia lebih mudah menggunakan format waktu 24 jam untuk membedakan waktu siang dan malam.

Baca Juga : Cara Memblok IP Spam Di Blog WordPress

Contoh Mengenal Arti Dari AM dan PM Pada Perhitungan Waktu adalah Jika anda menggunakan perangkat PDA ataupun tablet, maka di kebanyakan PDA, setting waktu yang digunakan standar adalah AM PM, salah satu contohnya di PDA O2. Untuk bisa merubahnya ke format waktu 24 jam, kita harus merubah pengaturan. Di O2 Zinc misalnya, masuk menu Start -> Settings -> System -> Regional Settings. Pada tag Time, pilihlah pada kolom Time Style pilihan HH:mm:ss kemudian OK. Setelah itu format waktu di PDA anda akan berubah menjadi format 24 jam.

[CB/KA]

Related Posts

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.