Istilah Kondisi Barang dalam Online Shop

 BISNIS

Istilah Kondisi Barang dalam Online Shop

Istilah Kondisi Barang dalam Online Shop

Istilah Kondisi Barang dalam Online Shop

Online shop saat ini sudah menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat modern seperti di indonesia, seiring menjamurnya toko online sampai toko online dari luar negeri melihat pangsa pasar yang sangat besar di indonesia mereka berani menginvestasikan untuk mengarap pasar online shop di Indonesia.

Memang dengan adanya toko online belanja barang menjadi d mudahkan dan dapat melihat berbagai macam merk sejenis sehingga sangat mudah untuk membandingkannya berdasarkan fungsi maupun harganya.

Bagi anda yang baru mengenal cara transaksi jual beli menggunakan toko online ada baiknya mengetahui istilah yang biasa di pakai dalam bertransaksi yang berkenaan dengan produk yang di jual di toko online :

New (Baru)

Mungkin istilah ini yang paling banyak akan anda jumpai saat anda belanja online karena hampir 99 % toko online menjual produknya dalam keadaan baru. Kondisi seperti ini biasanya di lengkapi dengan berbagai macam alat pendukung lainnya yang di sertakan pada produk yang dijual seperti adanya garansi baik itu dari toko online tersebut sampai garansi dari pabrik pembuat. Apabila terjadi kerusakan yang disebabkan oleh mereka maka anda di beri jaminan hingga pengantian produk yang sama jika sampai terjadi kerusakan.

Second (Bekas)

Istilah ini adalah menunjukkan bahwa produk atau barang tersebut sudah pernah digunakan oleh pemiliknya walaupun kadang masih terlihat bagus atau hampir seperti baru karena baru digunakan 3 kali atau beberapa bulan saja, Untuk produk yang seperti ini biasanya dijual dengan harga yang murah atau dibawah harga di pasaran biasanya dijual sampai 50 % dibawah harga barunya. Anda harus teliti sebelum membeli produk dengan label ini seperti bertanya kepada penjual bagaimana status produk sampai sedetil mungkin sebelum membelinya. Namun biasanya penjual sudah menyertakan deskripsi keadaan dari produk second ini.

Brand New

Bila melihat secara arti katanya bisa di artikan menjadi merk baru atau belum di perjual belikan sebelumnya namun ada juga yang berpendapat brand new adalah suatu produk baru yang sudah terjual namun oleh pemiliknya dijual kembali karena alasan tertentu. Apabila anda menemukan kasus seperti ini ada baiknya bertanya dahulu kepada penjual mengenai produk yang berkaitan sampai anda mendapatkan jawaban yang tepat sebelum melakukan transaksi jual beli.

Brand New In Box (BNIB)

Sama seperti brand new, apabila anda mendapatkan tulisan pada deskripsi produk dari suatu produk yang dijual dengan tulisan BNIB ini artinya produk tersebut masih dalam keadaan baru yang masih dilengkapi dengan box kemasannya dan kelengkapannya. Biasanya bila anda menemukan produk berlabel seperti ini harganya akan lebih murah sedikit dari pada produk yang dijual dengan label New atau baru.

Brand New With Tag (BNWT)

Untuk keadaan barang atau produk dengan label brand new with tag adalah suatu produk atau barang yang dalam keadaan baru terjual kemudian oleh pembelinya dilakukan proses penjualan kembali lengkap dengan nota pembayaran dan label harga yang masih tertera saat membeli produk ini. Sehingga barang berlabel BNWT dapat dipastikan originalitasnya karena masih utuh dan kemasannya belum terbuka.

Brand New Without Tag

Suatu produk bila bertuliskan deskripsinya brand new without tag adalah suatu produk atau barang yang masih dalam keadaan baru namun tidak tertera label harga dan nota pembayarannya dan kemasan dari produk ini sudah terbuka, Untuk keaslian tidak usah diragukan lagi karena sesuai dengan kondisi baru yang berlabel, biasanya produk berlabel BNWT digunakan untuk barang sampel yang akan segera dikeluarkan untuk diperjualbelikan.

Refurbish

Istilah ini sangat banyak di gunakan pada barang elektronik seperti handphone dan smartphone. istilah ini adalah untuk produk yang di perbaiki kembali karena mengalami cacat atau kerusakan pada bagian komponennya atau softwarenya. Sampai di lakukan perbaikan menyerupai dengan kondisi yang baru untuk dapat dijual kembali dengan harga yang lebih murah dari pada produk baru. terkadang tidak semua barang refurbish itu kurang baik namun bisa jadi anda menemukan barang yang refurbish menjadi lebih baik dari pada barang yang sepertinya karena perubahan yang sangat baik sehingga menciptakan barang yang berkualitas seperti produk aslinya.

Semoga setelah membaca artikel ini wawasan anda jadi terbuka lebar mengenai berbagai macam istilah yang digunakan pada produk yang akan diperjualbelikan ke pasaran atau konsumen. memang istilah ini tidak banyak anda temui bila anda berbelanja online di indonesia namun bila anda sudah handal dalam belanja online dan mencoba berbelanja online yang bersifat internasional seperti toko online yang sudah terkenal namanya seperti Ebay anda akan menemukannya.

Sedikit tips saat berbelanja online adalah jangan terkesima dengan foto produk saja karena bisa saja hasilnya berbeda saat anda menerima produk tersebut, jadilah pembeli yang pintar yang banyak bertanya sebelum memutuskan untuk membeli.

 

[CB/WN]

Related Posts

Leave a Reply

*